APLIKASI APLIKASI INTERNET (e-commerce,e-learning,e-government,e-banking,cybercrime)




Di bagian ini, kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi aplikasi yang sering dikunjungi di internet. Akhir akhir ini kita cenderung makin akrab dengan istilah istilah seperti E-Commerce, e-government dan lain lain. Hutuf “E” disini mengacu pada kata “Electronic, tapi lebih banyak digunakan dalam konteks internet. Kita akan membahas sepintas tentang hal hal tersebut.

1.      E-commerce
Merupakan kegiatan komersial dengan internet. Contoh paling umum e-commerce tentu saja aktivitas transaksaksi perdagangan melalui sarana internet. Dengan memanfaatkan e-commerce, para penjual(merchant) dapat menjalankan produknya secara lintas Negara karena internat sendiri tidak mengenal batasan geografis. Transaksi dapat berlangsung secara real tine dari sudut mana saja didunia asalkan terhubung jaringan internet. Contoh lainnya:
a.       Belanja online
b.      Pembayaran elektronik
c.       Lelang online
d.      Internet dengan Banking
2.      E-Banking
Electronic banking adalah aktivitas pembankang menggunakan jaringan internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hamper semua jenis transaksi perbankang melalui sarana internet., khususnya via Web. Mirip dengan penggunaan ATM,  Lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktivitas pengecekan internet. Contoh lainnya:
a.       Transfer dana
b.      Informasi saldo
c.       Mutasi rekening
d.      Informasi nilai tukar bayaran tagihan
e.       Pembelian pulsa/ tiket
3.      E- government
Istilah ini baru kedengaran beberapa waktu belakangan ini, seiring dengan sebagaimana kegiatan  pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintah.  Walaupun namanya e-government tapi jangan dibayangkan ini adalah system pemerintahan yang sepenuhnya berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia masih diartikan secara sempit sebagai sebuah system internet (entah web, alamat email kontak, atau milis) yang mengeksploitasi potensi di suatu daerah dengan maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan , entah investor maupun turis. Contohnya:
1.      Mendownload undang undang peraturan
2.      Pengusah mendirikan PT  seperti diatur undang undang mencari informasi di internet
3.      Peneliti membutuhkan internet sebagai media informasi

4.      E- learning
Istilah e-learning didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-learning sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topic ( seperti halnya situs ini) juga dapat tercakup dalam e-learning. Namun istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani teknologi internet. Contoh:
a.       Penugasan peserta pembelajaran secara online
b.      Ujian atau test
c.       Melakukan jajak pendapat/ diskusi
d.      Pengajaran dan medianya
5.      Cybercrime
Sebagaimana di dunia nyata, internet didunia maya juga banyak mengundang tangan tangan criminal dalam beraksi, baik untuk mencari keuntungan materi maupun sekedar keisengan. Hal ini memunculkan fenomena khas yang sering disebut cybercrime(kejahatan dunia syber)
a.       Pencurian
b.      Penyerangan
c.       pornoaksi
d.      penipuan
e.       inveksi virus

Comments