MENGENAL RUANG LINGKUP ANALISA PROSES BISNIS



RUANG LINGKUP ANALISA PROSES BISNIS
Apa itu Ruang Lingkup?
Ruang lingkup analisa proses bisnis adalah cakupan/domain/area dimana analisa proses bisnis perlu dilakukan.
Atau alasan kenapa analisa proses bisnis perlu dilakukan

Ruang Lingkup analisa proses bisnis
1. Integrasi Proses Bisnis
2. Standarisasi Proses Bisni
3. Analisa Proses Bisnis berbasis Teknologi Informasi
4. Riset Bisnis

1. Integrasi Proses Bisnis
Sebuah metodologi/cara untuk melakukan efisiensi perusahaan melalui penerjemahan visi ke dalam bentuk strategi dan action, kemudian diwujudkan dalam proses bisnis perusahaan terintegrasi
Kata lain : Penggabungan beberapa proses bisnis menjadi satu terintegrasi
latar belakang integrasi proses bisnis
  • Efisiensi
Beberapa proses bisnis digabungkan menjadi satu proses yang terintegrasi.
  • Persaingan Bisnis
Persaingan instansi lain dengan konsep proses bisnis yang terintegrasi, sehingga integrasi harus dilakukan untuk bersaing
  • Perkembangan Teknologi Informasi
Semakin berkembangnya TI sehingga integrasi proses  bisnis semakin lebih mudah dilakukan.
contoh:

  • e-banking / internet -banking
  • Mobile-banking
  • Pendaftaran Mahasiswa Online
  • Key-in KRS Online
  • Ujian TOEFL Online
  • e-Commerce
  • e-Goverment

Tahapan Integrasi Proses Bisnis
  1. Perencanaan  menentukan arah perusahaan
  2. Perancangan  menerjemahkan strategi yang dibentuk kedalam proses bisnis perusahaan
  3. Penerapan  memastikan bahwa proses bisnis yang direncanakan dijalankan sesuai dengan strategi perusahaan


Contoh Kegiatan
  1. Tahap perencanaan  aktifitas asesmen, pembuatan bisnis model, penentuan obyektif proyek, kebutuhan proyek
  2. Tahap perancangan  pemetaan proses bisnis, melakukan benchmarking, pembuatan struktur biaya, perencanaan mutu, pembuatan Company Scorecard
  3. Tahap penerapan  manajemen perubahan, pembentukkan team improvement, implementasi rencana aksi, pelaksanaan audit internal, mekanisme review dan pengukuran kinerja, sertifikasi ISO 9001

2. Standarisasi Proses Bisnis
Salah satu alasan kenapa proses bisnis perlu dianalisa adalah untuk standarisasi proses bisnis, ”apakah sudah sesuai dengan standar atau belum”?
Jika belum sesuai maka perlu dilakukan penyesuaian.
Latar Belakang
  • Standarisasi/Perbaikan Sistem
Jika proses bisnis yang sudah ada belum sesuai dengan standar yang ada. Misal: laporan keuangan belum sesuai dengan standar keuangan akuntansi.
  • Pengembangan ke tingkat yang lebih kompleks
Jika suatu instansi ingin melakukan pengembangan perusahaan ke tingkat yang lebih kompleks/besar maka perlu dilakukan standar prosedur bisnis.
contoh:
Misal:
                Universitas Muria Kudus ingin mengembangkan diri menjadi universitas standar internasional dan ingin mendapatkan sertifikasi ISO, maka UMK perlu melakukan standarisasi proses bisnis yang ada di UMK.

3. Analisa Proses Bisnis Berbasis Teknologi Informasi
Jika suatu instansi ingin menerapkan teknologi informasi (TI) dalam semua aspek proses bisnis di instansi tersebut
perlu dilakukan analisa terhadap semua proses bisnis yang akan dikembangkan berbasis TI.
Latar Belakang
  • Efisiensi dan Efektifitas
Mengurangi biaya dan mempercepat proses serta mampu meningkatkan produktivitas kinerja karyawan.
  • Persaingan Bisnis
Untuk menuju ke era yang lebih maju guna bersaing dengan instansi yang lain.
  • Perkembangan Teknologi Informasi
Memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada tentunya untuk kemudahan.
Contoh:
Proses ujian masuk calon mahasiswa baru UMK masih manual dengan kertas.
Dikembangkan menggunakan ujian masuk berbasis komputer atau Computer Based Test.
Sehingga proses ujian bisa lebih cepat dan hasilnya dengan cepat, tepat, mudah dapat diketahui.

4. Riset Bisnis
Pada hal ini analisa proses bisnis digunakan untuk riset bisnis/pengembangan bisnis.
Dikarenakan ada produk baru, upgrade produk, area pasar baru, persaingan ketat
Latar Belakang
  • Perbaikan dan pengembangan bisnis
Riset bisnis dilakukan untuk mencari kelemahan dari produk/proses bisnis yang ada digunakan untuk perbaikan produk/proses bisnis yang akan datang.
  • Persaingan Bisnis
Berusaha selalu menciptakan produk/proses bisnis baru untuk bersaing.
Contoh:
Misal:
                Microsoft atau Apple setelah me-launching suatu produk, maka Tim Riset-nya akan berusaha bekerja lagi untuk melakukan guna mencari kelemahan dari produk yang baru dikeluarkan dan kemudian diperbaiki untuk produk yang terbarunya lagi.

Comments