JENIS-JENIS KENDALA DALAM ANALISA PROSES BISNIS



KENDALA DALAM ANALISA PROSES BISNIS

Jenis Kendala
Kendala yang terjadi pada saat analisa proses bisnis terdiri dari beberapa jenis:

  • Kendala internal

Kendala internal adalah kendala yang muncul dikarenakan kurangnya kemampuan dalam menganalisa suatu proses bisnis

  • Kendala eksternal

Kendala eksternal adalah kendala yang dikarenakan pihak eksternal atau klien yang dianalisa.

Kendala Internal
Adalah kendala yang muncul dikarenakan kurangnya kemampuan dalam menganalisa suatu proses bisnis.
Seperti:

  • Kurangnya kemampuan analis dalam menganalisa proses bisnis
  • Kurangnya kemampuan dalam pemodelan proses bisnis
  • Kurangnya pemahaman dalam komunikasi dengan klien,
  • Pengambilan informasi hanya terbatas ke beberapa agent saja


Kendala Eksternal
Adalah kendala yang dikarenakan pihak eksternal atau klien yang dianalisa.
Seperti:

  • Kurang terbukanya klien pada saat dianalisa,
  • Klien yang merasa benar dan sudah perfeksionis,
  • Kurang jelasnya informasi dari klien atau informasi yang ambigu,



Tujuan Analisa Proses Bisnis
Merupakan proses menemukan, memodelkan dan memperbaiki kelemahan yang ada.
 Terdiri dari tiga langkah pokok:
1. Identifikasi Masalah
2. Pemodelan
3. Review

Identifikasi Masalah

  • Adalah kegiatan dimana seorang analis melakukan komunikasi secara intensif dengan klien.
  • Dalam menganalisa seorang analis harus memposisikan dirinya sebagai agent/pelaku kejadian.
  • Hasil identifikasi masalah harus di dokumentasikan secara baik dan lengkap dan diketahui oleh klien.
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah menghindari salah interpretasi



Pemodelan

  • Adalah kegiatan dimana seorang analis memodelkan hasil identifikasi masalah yang ada kedalam bentuk model yang mudah dipahami oleh klien seperti model REAL.
  • Model yang digunakan tidak mengandung informasi yang ambigu.
  • Model yang digunakan harus jelas dipahami oleh semua agent pada semua kejadian.



Review

  • Adalah kegiatan dimana seorang analis menentukan kekurangan/kelemahan dari sistem yang ada
  • Analis juga meminta masukan dari klien.
  • Analis juga memberikan solusi dari kekurangan yang ada dengan solusi yang terbaik baik dari sisi analis maupun klien.

Pertanyaan dalam Analisa
Pertanyaan pertama memfokuskan pada pengertian dasar permasalahan:
1. Menemukan yang membutuhkan software tersebut:
Siapa yang membutuhkan sistem (serta personal di belakangnya) ?
Siapa yang akan menggunakan solusi
Apa yang akan menjadi keuntungan ekonomis dari solusi yang baik
Adakan sumber lain dari solusi yang dibutuhkan
2. Bentuk solusi yang diinginkan
Masalah-masalah apa yang akan dicarikan solusinya?
Lingkungan solusi yang akan digunakan .
Adakah isu atau kendala khusus yang berdampak kepada solusi
3. Efektifitas
Apakah pertanyaan yang diajukan relevan dengan permasalahan
Adakah personal lain yang dapat menambah informasi
Adakah hal lain yang perlu ditambahkan?

Comments